Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Serunya Pengalaman Diterima Google Adsense

Siapa yang tak ingin mendapatkan income tambahan dari hobi nge-blogging? Sebagian besar blogger tentu punya keinginan mendulang penghasilan dari blog yang dibuatnya. Para blogger pasti mahfum akan sulitnya blog mereka diterima ketika mengajukan permohonan sebagai publisher iklan apalagi jika mendaftar menjadi mitra sekelas Google Adsense. 

 
Sulitnya menembus Google Adsense menjadi pengalaman tersendiri ditengah keinginan kuat yang menggebu untuk dapat menikmati pundi-pundi finansial. Setidaknya penghasilan yang diperoleh dapat menutupi biaya sewa domain bagi blog yang menggunakan Top Level Domain (TLD). Atau sekedar uang lelah pengganti upah menulis. Meski penghasilan awal relative tidak signifikan, namun ada kepuasan tersendiri Ketika mendapatkan notifikasi dari pihak Adsense bahwa blog kita diterima sebagai mitra.

Admin mau berbagi pengalaman dengan sobat saung blogger kampus bagaimana perjuangan menembus publisher iklan ini. Meski mudah saat melakukan pendaftaran, ternyata tidak mudah lolos jika blog kalian tidak sesuai persyaratan dan kebijakan mereka.

Aktifitas menulis di blog dimulai bersamaan dengan munculnya pandemic covid-19. Pembatasan aktifitas menyebabkan banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan menulis. Terpikir agar ide-ide dan gagasan yang dituangkan dalam tulisan terdokumentasi dengan baik, blog adalah tempat terbaik untuk maksud tersebut. Kandang jengkel manakala file-file tulisan yang telah disimpan di flashdisk atau hardisk tetiba tidak bisa diretrieve karena PC/ notebook rusak. Adakalanya flashdisk berisi artikel ternyata hilang entah kemana.

Pertama kali membuat blog, template blogspot menjadi pilihan. Selain gratis, penggunaanya juga mudah, tidak ribet. Mulailah belajar secara otodidak bagaimana membuat blog. Tidak puas dengan nama blog yang harus menggunakan embel-embel blogspot.com, admin memulai membeli domain. Biar sedikit gagah dan yang pasti tentu peluang mendapatkan lebih iklan terbuka.

Setelah menggunakan TLD mulailah hunting mendaftar sebagai publisher. Google Adsense menjadi pilihan pertama. Tanpa pikir panjang karena berbagai info yang didapat usia domain tidak menjadi pertimbangan utama kata sebagian blogger yang berhasil mencoba. Selama mencoba peruntungan, Adsense selalu menolak dengan alasan tidak memenuhi kriteria kebijakan Adsense. Bisa jadi karena usia blog yang masih kurang dari 3 bulan dan pengunjung blog yang masih minim.

Upaya berikutnya mencoba menggunakan template yang berbayar. Karena berbayar nampak tampilan blog menjadi lebih profesional dan kecepatan loading yang juga tidak mengecewakan. Setelah usia blog melebihi 6 (enam) bulan, admin mencoba lagi peruntungan. Dan ternyata upaya terakhir ini membuahkan hasil.

Setelah mendaftarkan blog dengan niche tempat bergabungnya para blogger kampus, langsung blog tersebut diaccept oleh Adsense. Hanya menunggu tidak lebih dari seminggu, kabar gembira tersebut diperoleh. Mulailah menempatkan iklan pada posisi yang diinginkan di template blog.

Penasaran dengan cara kerja Adsense dalam mereview blog yang didaftarkan, selang beberapa hari setelah blog pertama di accept, admin mencoba mendaftarkan blog lain dengan niche seputar dunia kampus. Nasib baik berulang. Seminggu setelah didaftarkan, notifikasi dari adsense pun didapatkan melalui email bahwa blog kedua juga diterima sebagai publisher.

Sebulan berlalu sejak artikel ini di-posting, tugas admin hanya memantau perkembangan pendapatan dari iklan adsense. Meski belum begitu signifikan namun cukup puas dengan jenis iklan native yang ditayangkan. Jenis iklan yang tanyang ternyata menyesuaikan dengan topik artikel. Hingga saat ini adsense tidak menampilkan iklan yang aneh-aneh diluar konteks tema artikel dan niche blog.

Sedikit pengalaman ini semoga bermanfaat bagi sobat blogger kampus yang berniat mendaftarkan blog nya sebagai publisher Adsense. Pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman ini adalah konsistensi dalam memposting artikel berkualitas secara rutin. sesuai dengan niche blog. Selamat mencoba!

 

Posting Komentar untuk "Serunya Pengalaman Diterima Google Adsense"