Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingkah Menjaga Kesehatan Saraf Kita?

Sobat blogger kampus pasti sepakat bahwa sehat itu mahal. Tentu bukan tanpa alasan sebab manakala kita sakit, beban biaya pengobatan yang harus ditanggung sangat mahal. Belum lagi pasien dan keluarganya harus menanggung beban psikologis. Benar memang saat ini ada BPJS yang membantu meringankan beban pasien. Namun menjaga kesehatan sebelum sakit jauh lebih baik. Meminjam istilah ilmu ekonomi, kesehatan merupakan investasi jangka panjang.

Pentingkah Menjaga Kesehatan Saraf Kita?
Gambar oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay

Pola hidup tak sehat sering memicu munculnya beragam penyakit. Penyakitpun tampaknya tidak mengenal usia. Ya, faktanya gangguan penyakit ternyata tidak saja didominasi orang berusia lanjut, namun saat ini banyak anak muda yang menderita beragam penyakit.

Para blogger yang notabene didominasi kalangan muda usia, acapkali mengabaikan pentingnya pola hidup sehat. Pola makan menjadi tidak teratur akibat terlalu asyik beraktifitas blog. Stres akibat mengejar dateline pesanan tulisan yang harus segera posting selalu menghantui para blogger. Saat yang sama, aktifitas berolahraga yang semestinya dilakukan secara rutin, kerap terlupakan manakala pesanan tulisan menumpuk.

Sejatinya, aktifitas menulis merupakan kegiatan berpikir. Kegiatan yang satu ini jauh memerlukan energi dan melelahkan dibandingkan aktifitas fisik. Kondisi seperti ini tentu menuntut sobat blogger mengimbanginya dengan kecukupan makanan bernutrisi. Makanan dengan asupan vitamin lengkap sangat membantu memperlancar kegiatan keseharian blogger.

Penting untuk diperhatikan bahwa kecukupan vitamin esensial pada asupan makanan kita semisal vitamin neurotropik akan menjaga dan melindungi saraf sobat blogger. Misalnya, kalian melakukan diet vegetarian padahal vegetarian berisiko tinggi mengalami kekurangan vitamin B12 yang menjadi salah satu penyebab kerusakan sistem saraf tepi. Oleh karenanya, kebutuhan vitamin B harus dipenuhi setiap hari karena hanya tersimpan dengan jumlah yang sangat kecil di dalam tubuh.

Berbagai literatur Kesehatan menyimpulkam bahwa vitamin Neurotropik terbukti sangat penting bagi kesehatan sistem saraf kita. Kelompok vitamin neurotropik ini terdiri dari thiamine (B1), pyridoxine (B6) dan cobalamin (B12) yang memiliki fungsi berbeda-beda, termasuk mendukung metabolisme dan membantu memelihara, memberi makan serta meregenerasi sistem saraf yang bekerja keras tak kenal waktu, bahkan saat kita sedang tertidur sekalipun. Sayangnya masyarakat awam tidak memiliki pemahaman yang baik dan kerap mengabaikan arti pentingnya sistem saraf.

Sejatinya gangguan syarat tepi sering terjadi pada kelompok usia lanjut karena fungsi saraf terganggu akibat penurunan daya tahan tubuh. Kelompok ini rentan terhadap berbagai penyakit yang akhirnya memicu gangguan saraf. Diabetes, darah tinggi, jantung untuk menyebutkan sebagian kecil jenis penyakit yang akrab dengan kelompok ini.

Sementara pada kelompok usia muda, pemicu gangguan saraf lebih banyak akibat pola makan yang tak sehat. Perilaku instan anak muda dalam mengkonsumsi makanan mendorong mereka lebih menyukai jenis junk food. Mereka tidak peduli dengan kandungan atau porsi nutrisinya. Mereka tidak peduli apakah jenis makanan tersebut mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh atau tidak.

Nah pernahkan sobat blogger ditengah aktifitas blogging merasakan kebas, keram atau kesemutan? Dalam kamus medis, gejala-gejala tersebut dinamai neuropati yang merupakan gejala kerusakan sistem saraf tepi. Jika dibiarkan tentu gejala ini akan mengganggu aktifitas. Oleh karenanya saraf kita perlu dirawat. Saraf yang mengalami kerusakan lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu.

Namun sobat blogger tidak perlu panik. Konsumsi kombinasi vitamin neurotropik secara rutin dan berkala dapat mengurangi gejala neuropati. Banyak jenis obat beredar dipasaran yang dapat mengatasi rasa sakit akibat gangguan saraf, semisal Neurobion. Obat yang satu ini selain meredakan rasa sakit akibat kerusakan saraf, berfungsi juga untuk merawat saraf di dalam tubuh kita. Yuk kita jaga kesehatan saraf kita!

1 komentar untuk "Pentingkah Menjaga Kesehatan Saraf Kita?"