Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Asah dan Uji Kemampuan mu di TRYOUT.ID

Lulusan perguruan tinggi di tanah air dihadapkan pada 3 pilihan. Ketiga pilihan tersebut adalah menjadi pegawai, berwirausaha, dan pengangguran. Berwirausaha tentu pilihan mulia karena dapat membuka lapangan pekerjaaan bagi orang lain mengikuti istilah yang sedang tren yaitu job creator. Pilihan ini tentu membutuhkan keberanian untuk mengambil resiko. Bagi lulusan yang tidak berani mengambil resiko, pilihannya adalah menjadi pegawai, entah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau karyawan perusahaan/ instansi lainnya. Mereka acapkali dilabeli job seeker. Tidak ada satu pun dari para lulusan kampus tentunya yang akan memilih pengangguran (jobless). Kelompok terakhir ini tentu tidak dikehendaki baik oleh pemerintah, masyarakat maupun orang tua.

tryout online di tryout.id

Tingginya angka pengangguran di tanah air menjadi persoalan tersendiri di negara kita. Rendahnya kompetensi luaran perguruan tinggi ditengarai sebagai penyebab rendahnya penyerapan lulusan di dunia kerja. Hal yang wajar manakala pemberi kerja menuntut kompetensi dan berbagai skills mumpuni dari karyawan yang direkrut. Asumsi sederhananya adalah kinerja perusahaan sangat dipengaruhi kualitas sumberdaya manusianya.

Kesenjangan antara luaran perguruan tinggi dengan tuntutan dunia kerja sejak lama dipersoalkan. Kampus acapkali mendesain kurikulum sesuai keinginannya tanpa mempertimbangkan apa yang diinginkan dunia kerja dan dunia industri. Kondisi seperti ini mengokohkan posisi perguruan tinggi sebagai Menara gading. Akibatnya, para mahasiswa ketika lulus sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak dibekali kompetensi dan skills yang sesuai tuntutan pemberi kerja.

Lalu apa dan bagaimana mahasiswa atau lulusan membekali kompetensi dan skills yang tidak mereka peroleh saat kuliah? Inisiatif harus datang dari mahasiswa atau lulusan. Mereka perlu melengkapi diri dengan sertifikat kompetensi tambahan diluar ijazah yang mereka peroleh. Faktanya beberapa pemberi kerja menyaratkan calon pegawai memiliki sertifikat kompetensi tambahan, semisal TOEFL untuk kompetensi Bahasa Inggris.

Mahasiswa atau lulusan dapat mengikuti uji kompetensi di beragam Lembaga Sertifikasi Prosesi (LSP) yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Agar lulus ujian kompetensi apapun, diperlukan kesiapan peserta. Strategi sederhananya adalah dengan memperbanyak latihan atau tryout sebelum mengikuti uji kompetensi yang sesungguhnya.

Saat ini tersedia beragam situs di internet yang menyediakan beragam latihan soal tryout baik berbayar maupun gratis. Dari sekian banyak situs tryout, TRYOUT.ID hadir membantu kesiapan peserta menghadapi uji kompetensi atau tes akademik lainnya semisal test CPNS, seleksi masuk PTN atau sekolah kedinasan, hingga tes TOEFL.  Situs ini menyediakan latihan soal untuk uji kompetensi dokter, guru SMA dan SMK, serta Bidan. Tidak menutup kemungkinan dikemudian hari, situs ini menambahkan latihan soal untuk uji kompetensi profesi lainnya.

Situs TRYOUT.ID menyediakan data tryout dari soal-soal yang pernah keluar pada saat ujian dengan harapan peserta bisa belajar lebih baik dimanapun dan kapapun. Tryout berbasis online ini tentunya lebih efektif bila dibandingkan dengan membaca buku-buku kumpulan latihan soal. Melihat buku yang tebal tersebut rasanya membuat peserta malas membaca. Hingga saat ini, tryout.id memiliki jumlah soal lebih dari 30.000 buah. Jumlah yang tentunya besar tetapi terlihat ringan karena tidak terlihat bukunya.

Di situs ini, terdapat 2 versi tampilan yang secara otomatis mengikuti perubahan sesuai tampilan monitornya, yaitu mobile dan desktop. Versi mobile dibuat agar pengguna bisa belajar via smartphone atau gadget lainnya. Situs ini juga menyedia latihan soal tryout secara gratis namun dibatasi hanya dapat mengerjakan 5 buah soal untuk setiap jenis tes. Nah bagi pengguna yang tidak puas dengan versi gratis, bisa menggunakan versi berbayar yang lebih lengkap tentunya. Kelebihan versi berbayar diantaranya 1) hasil dari tryout akan dirangking dari peserta tryout di seluruh Indonesia, supaya bisa diketahui sejauhmana kesiapan belajar dan daya saing masing-masing peserta,  dan 2) soal latihan yang sangat banyak serta lengkap sehingga bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

Tidak dapat dipungkiri, tryout online sangat membantu keberhasilan dalam ujian atau test apapun karena kemudahan dalam belajar dan mengerjakan latihan soal. Semakin intensif frekuensi mengikuti tryout online, semakin tinggi tingkat keberhasilan peserta. Nah, mengapa tidak coba tryout.id untuk mengoptimalkan kemampuan Anda menghadapi ujian atau tes sesungguhnya.

Posting Komentar untuk "Yuk Asah dan Uji Kemampuan mu di TRYOUT.ID"